Pantai Papuma Jember

Wisata Baru Pantai Papuma Jember Penuh Pesona

Berlokasi di Desa Lolejer, Kabupaten Jember. Umumnya harga yang dipasang untuk memasuki obyek wisata Pantai Papuma ini sekitar Rp 15.000 per orang, bila kalian bawa kendaraan akan dikenakan tarif parkir Rp 10.000. Tapi jangaan terlalu berpatok harga ini karena sewaktu-waktu akan berubah.

Pantai Papuma merupakan salah satu pantai yang ada di Jawa Timur yang harus kalian kunjungi. Walaupun masih terbilang obyek wisata baru, namun pantai ini sudah tidak diragukan lagi keeksotisannya. Pantai yang ini mengandung keunikan khusus dengan batu-batuan karang yang ada tepat di tengah-tengah laut.

Tuk mencapai Pantai Papuma, kalian harus menempuh jauh perjalanan sejauh 45 km ke selatan kota Jember. Bila kalian sedang mencari tujuan liburan di Jawa Timur, Pantai Papuma dapat menjadi alternatif yang ideal. Akses ke pantai ini pun sangat bagus dengan jalan beraspal. Kalian bisa menempuhnya naik kendaraan.

Begitu tiba di Papuma, kalian akan melihat keberadaan batu karang yang sangat tinggi di tengah-tengah lautan. Batu karang yang mempunyai tinggi 50.1 mdpl ini disebut dengan sebutan Siti Hinggil. Kalian bisa menyaksikan keeksotisan laut lepas Pantai Papuma dari puncak Siti Hinggil.

Tuk mencapainya, kalian bisa sewa perahu nelayan. Disamping melihat keindahan laut lepas, dari Siti Hinggil kalian juga bisa menyaksikan panorama obyek wisata lain yakni Goa Lawa yang mempunyai kedalaman lebih dari 29 mdpl.

Goa yang konon katanya jadi tempat bertapa Kyai Mataram bisa dicapai ketika air tengah surut.

Selain sederetan karang yang menarik, hamparan pasir putih serta keindahan sunset menjadi pesona tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Papuma. Bahkan tidak sedikit orang yang mengungkapkan keindahan Papuma nyaris seperti pantai di Hawaii.

Pantai ini begitu sejuk, dengan suhu diantara 24 sampai 32 derajat celcius. Gelombang lautnya yang tak terlalu tinggi bisa dimanfaatkan tuk berenang sampai puas. Di seputaran pantai juga ada cagar alam hutan tropis yang mana ada monyet hutan yang makin menambah maraknya pantai ini.

Lokasi pantai pun biasa dimanfaatkan sebagai lokasi tuk mengadakan acara Pekan Raya tiap tanggal 1 sampai 10 Syawal lalu larung sesaji. Di waktu-waktu itu bisa dipastikan pasti semakin banyak wisatawan yang bertamu ke Papuma tuk menyaksikan pesta acara itu sambil menikmati keelokan pantai.

Pantai Papuma memang sudah dikelola dengan amat baik tuk dijadikan obyek wisata yang harus diperhitungkan. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya fasilitas yang sangat lengkap tuk menunjang rasa nyaman para wisatawan yang berpelesiran ke pantai ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.